Kamis, 28 September 2017

Inspirasi Perabot Rumah dari Rumput Laut

Perabotan rumah umumnya terbuat dari kayu, rotan atau pun logam. Lalu apa karenanya kalau ternyata perabotan rumah mampu dibuat dari materi rumput laut. Apa bisa?

source picture : http://www.dezeen.com

Jonas Edvard dan Nikolaj Steenfatt, adalah orang yang berhasil melaksanakan eksperimen itu. Desainer asal Denmark tersebut telah menciptakan dingklik dan lampu gantung yang terbuat dari bahan rumput laut dan kertas. Jonas dan Nikolaj memanen fucus seaweed, salah satu jenis ganggang dari garis pantai Denmark, sebelum dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Dengan memanfaatkan efek kental dan perekat alginat-polimer dalam ganggang berwarna coklat tersebut, bubuk hasil penggilingan kemudian dimasak menjadi cairan perekat. Penggabungan cairan perekat tersebut dengan kertas menghasilkan materi yang tangguh serta tahan lama menyerupai gabus. Hal tersebutlah yang kemudian dijadikan produk dalam koleksi Terroir Project.

source picture : http://www.dezeen.com


“Ketika masyarakat mengetahui produk kami dari rumput laut, mereka akan penasaran. Mereka tak mengira bahwa sesuatu yang remeh ini mampu produk perabotan yang tahan lama,” kata Edvard. Edvard juga menambahkan, kombinasi material bentukannya ternyata cukup berpengaruh menghasilkan dingklik yang dapat menahan beban penggunanya. “Kebanyakan orang tak tahu kekuatan bekerjsama alginat. Mereka sering berpikir kita menggunakan lem ekstra di dalamnya. Padahal itu hanya rumput laut dan kertas,” tandas Edvard.

Sebenarnya produk buatan Edvard dan Nikolaj dibuat dari fucus yang sangat mudah ditemukan pada pantai berbatu di seluruh dunia. Fucus ini sangat beragam warnanya mulai coklat renta sampai hijau muda, berdasarkan spesies rumput laut yang mereka gunakan.

source picture : http://www.dezeen.com

"Untuk desain lampu dan dingklik Terroir, kami ingin menciptakan bentuk dan siluet dasar. Hal tersebut akan menunjukkan fokus ke materi gres yang menunjukkan permukaan dan warna," lanjut Edvard. Menurut Edvard, rumput laut mengandung kadar garam tinggi yang berfungsi sebagai pengawet dan tahan api. Materi tersebut juga dapat diurai dan didaur ulang menjadi pupuk alami. Hal ini disebabkan rumput laut mengandung nitrogen, yodium, magnesium, dan kalsium.



Sumber http://huniankreatif.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar